7 Hal Fatal Yang Sering Dilakukan Orangtua Saat Mendidik Anak

Mendidik anak bukanlah sebuah perkara yang mudah. Lantaran, mendidik anak merupakan sebuah seni yang mana kesalahan kecil dapat berakibat fatal bagi perkembangan anak di tahap selanjutnya.

Orangtua mempunyai tanggungjawab yang sangat berat dalam membesarkan anak.Sehingga banyak hal yang benar-benar perlu diperhatikan saat mendidik seorang anak.

Jangan sampai melakukan kesalahan fatal dalam mendidik anak seperti ulasan berikut:

  1. Selalu memanjakan anak

Mendidik anak dengan cara memberikan semua kemauannya bukanlah salah satu cara yang dibenarkan dalam proses mendidik anak.

Terkadang, anak harus diberikan sedikit kesulitan dalam mendapatkan kemauannya. Hal ini dilakukan agar anak tidak tumbuh sebagai pribadi yang manja.

  1. Terlalu mencampuri urusan pribadi

Bagi sebagian orangtua, ingin mengetahui kehidupan pibadi sang anak adalah suatu keharusan. Namun tahukah Anda, terkadang anak juga mempunyai batasan-batasan yang tidak melulu harus diceritakan kepada orangtuanya.

Apalagi ketikaa anak mulai tumbuh menjadi seorang remaja, sebaiknya Anda tidak perlu ikut campur dengan segala urusan pribadi anak. Karena ketika Anda bisa bersikap elegan maka anak tidak akan segan untuk membagikan ceritanya kepada orangtua.

  1. Terlalu menuntut diluar kemampuan anak

Setiap anak dilahirkan dengan kemampuan yang berbeda. Sehingga akan terlihat salah jika Anda selalu menuntut anak diluar dari kemampuannya.

Cukup kembangkan potensi yang anak punya tanpa harus menuntut secara berlebihan. Karena hal tersebut bisa berakibat fatal bagi kehidupan sang anak.

  1. Selalu membantu anak secara berlebihan

Membantu anak secara berlebihan ternyata sangat tidak dianjurkan. Lantaran hal ini dapat menjadikan anak tumbuh menjadi sosok yang selalu bergantung pada bantuan orang lain.

Dengan demikian sang anak akan cenderung menjadi pribadi yang tidak mandiri. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika mencoba membiarkan anak untuk menyelesaikan kesulitan yang ia hadapi sendirian.

  1. Terlalu mencampuri pilihan anak

Setiap anak pasti mempunyai pilihan tersendiri sekalipun terkadang bertentangan dengan kemauan orangtua. Namun dalam hal ini, terkadang anak juga perlu diberikan kebebasan untuk menentukan pilihannya tanpa campur tangan orangtua.

Dalam hal ini, peran orang tua yang dibutuhkan adalah untuk mengawasi anak. Lalu mengarahkan jika terjadi kesalahan, bukan untuk mencampuri pilihan yang mereka inginkan.

  1. Mengabaikan keberhasilan anak

Ketika anak mendapatkan keberhasilan baik dari hal kecil maupun besar, peran orangtua yang diharapkan adalah memberikan apresiasi positif terhadap anak.

Karena terkadang anak sangat menyukai ketika diberi apresiasi meskipun itu hanya sebatas pujian. Tapi jangan sampai remehkan hal tersebut, bisa jadi ketika oangtua meremehkan hal itu  maka motivasi anak akan menurun atau bahkan hilang.

  1. Mengkritik kesalahan anak secara berlebihan

Kesalahan fatal yang sering dilakukan orangtua selanjutnya adalah memberikan kritik karena kesalahan kecil dengan kalimat kasar dan bernada tinggi.

Cara ini merupakan hal yang tidak benar, karena ketika Anda melakukan hal ini maka akan mengakibatkan anak menjadi sosok yang menutup diri. Sehingga jangan sampai melakukan hal ini kepada anak tanpa memikirkan akibat yang akan didapatkan kedepannya.

 


Mau DIKIRIMKAN artikel parenting secara GRATIS langsung ke HP Anda? 


 

Sehingga Anda perlu berhati-hati dalam mendidik serta memperlakukan anak Anda. Pikirkan baik-baik apa yang akan Anda lakukan, karena hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan anak di masa yang akan datang.

Pilihlah cara yang tepat untuk mendidik sang anak. Jangan sampai Anda salah melakukan tindakan yang kemudian dapat berakibat fatal pada perkembangan mental anak.