9 Tips Ampuh Meredakan Tantrum Pada Anak

Perilaku mudah marah atau tantrum pada anak seringkali menjadi masalah yang cukup sulit untuk diatasi bagi sebagian orangtua. Hal ini terkadang menjadi cukup sulit ketika orang tua justru tidak dapat meredakan amarah sang anak tetapi justru berbalik memarahi sang anak.

Namun, tahukah Anda bahwa meredakan tantrum pada anak dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Anda dapat melakukan beberapa cara berikut untu mengatasi tantrum pada si buah hati, diantaranya:

  1. Memberikan pelukan hangat pada sang anak

Cara yang sangat mudah dilakukan ketika anak melakukan tantrum adalah dengan memberikan pelukan. Hal ini dipercaya dapat menghentikan tantrum dengan cepat. Pasalnya ketika mendapat pelukan, sang anak akan merasa pada situasi yang lebih tenang dan nyaman.

  1. Membiarkan tanpa menenangkannya

Cara ini mungkin terdengar sangat sadis. Namun hal ini dapat digunakan untuk membuat sang anak merasa bahwa dirinya tidak mendapatkan perhatian ketika melakukan hal yang demikian (tantrum). Hal ini tentu akan membuat sang anak berpikir kembali untuk melakukan hal yang sama di kemudian hari.

  1. Jangan berikan permintaan anak saat ia meminta dengan cara tantrum

Tidak memberikan kemauan anak dengan cara tantrum merupakan salah satu cara yang tepat dilakukan orangtua. Hal ini dilakukan agar sang anak tidak selalu meminta sesuatu dengan cara merengek dan tantrum di depan umum.

Ketika satu permintaan anak dituruti dari cara yang demikian maka keesokan harinya dia akan melakukan hal yang sama untuk mendapatkan kemauannya. Sehingga memberikan sesuatu pada keadaan tantrum sebaiknya tidak perlu dilakukan.

  1. Mengalihkan perhatian

Ketika anak melakukan tantrum di depan umum, Anda dapat mencoba melakukan pengalihan dengan mengalihkan perhatian sang anak. Usahakan pengalihan yang Anda berikan dapat menarik minat dan perhatian sang buah hati.

  1. Membuat perjanjian dengan sang anak

Saat anak sedang dalam kondisi mood yang baik, Anda dapat mencoba dengan menawarkan perjanjian untuk tidak melakukan tantrum ketika meminta sesuatu. Anda dapat menggunakan reward ketika si kecil tidak melakukan aksi tantrum saat diajak ke mall ataupun ke tempat umum yang lain.

  1. Tetap pada pendirian Anda

Sekalipun merasa kasihan melihat anak merengek dan meronta-ronta ketika meminta sesuatu, sebaiknya Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Anda tidak perlu membujuk anak dengan cara pengalihan dengan memberikan barang yang lain. Anda hanya perlu membiarkannya sampai sang anak berhenti melakukan tantrum.

  1. Jangan panik dan tetap tenang

Usahakan Anda tidak merasa panik ketika sang anak melakukan tantrum. Hal ini merupakan hal yang wajar dilakukan anak-anak sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam memikirkan hal tersebut.

  1. Meminta bantuan orang terdekat

Ketika sang anak mulai sulit ditenangkan di muka umum, Anda dapat meminta bantuan orang lain seperti suami ataupun orang yang Anda kenal untuk memasukkan anak ke dalam mobil atau membawanya pulang.

  1. Meminta bantuan psikolog anak

Ketika orangtua sudah tidak sanggup mengatasi permasalahan tantrum pada anak, sebaiknya hal ini dikonsultasikan dengan tenaga ahlinya. Meminta bantuan kepada psikolog anak dapat Anda lakukan untuk menghilangkan perilaku tantrum yang Anda inginkan.

 


Mau DIKIRIMKAN artikel parenting secara GRATIS langsung ke HP Anda? 


 

Anda dapat mencoba beberapa tips di atas untuk meredakan perilaku tantrum pada si kecil. Sehingga perilaku tantrum tersebut tidak akan muncul lagi di kemudian hari. Hal yang perlu diperhatikan adalah memulai dengan perlakuan yang tepat sehingga akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Selamat mencoba bunda.