7 Tips Menumbuhkan Keberanian Pada Anak Introvert

Keberanian Pada Anak – Setiap anak terlahir dengan keunikan yang berbeda. Salah satunya adalah terlahir dengan tipe kepribadian yang tak bisa disamakan antara satu individu dengan yang lainnya. Sebagai orang tua tentu saja Anda harus mengetahui bagaimanakah kepribadian anak Anda.

Mengetahui bentuk kepribadian sang anak sejak dini tentu saja dapat memudahkan Anda untuk memberikan pola asuh yang tepat bagi si buah hati.

Bagi sebagian anak berkepribadian introvert, mereka cenderung lebih tertutup dan pemalu. Sehingga dengan mengetahui karakter sang anak lebih dini dapat mempermudah Anda untuk melakukan pengembangan pada potensi anak dengan cara yang tepat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Membesarkan anak dengan kepribadian introvert dengan penuh keberanian dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti berikut:

  1. Memberi ruang pada anak untuk mengekspresikan perasaannya

Parenting orangtua dianggap berhasil ketika Anda mampu menjadi tempat bagi anak untuk mencurahkan segala perasaannya tanpa adanya rasa takut. Ketika anak berkepribadian introvert melakukan ini kepada orangtuanya maka tak menutup kemungkinan bahwa sang anak mampu tumbuh menjadi sosok yang pemberani.

  1. Mendukung segala aktivitas anak

Anak-anak dengan kepribadian introvert, mereka cenderung menyukai berbagai bentuk aktivitas yang dapat melibatkan dirinya secara penuh. Sehingga peran orangtua yang diharapkan disini adalah mendukung segala kegiatan anak.

  1. Besarkan anak dengan rasa tanggung jawab

Memberikan tanggung jawab pada anak dapat dilakukan melalui hal-hal kecil. Mulai dari memberikan tugas merapikan tempat tidur setiap pagi, hal tersebut dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak. Sehingga tak menutup kemungkinan bahwa sang anak bisa menjadi lebih berani dalam melakukan sesuatu.

  1. Memperkenalkan anak dengan orang baru secara perlahan

Bagi anak yang tertutup dan pemalu, bergaul dengan orang baru bukanlah hal yang mudah. Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mendampingi sang anak dalam mengenal orang-orang baru disekitar. Dengan demikian anak akan menjadi terbiasa dan lebih berani untuk bertemu dengan orang-orang baru di sekitarnya.

  1. Memberikan apresiasi positif ketika anak mulai berani terlibat pada lingkungan sekitar

Memberikan apresiasi positif berupa pujian dapat dilakukan untuk menumbuhkan keberanian pada anak introvert. Hal ini sangat penting untuk dilakukan ketika sang anak sudah mulai berani untuk masuk pada lingkungan yang cukup luas.

  1. Memberikan anak kesempatan sebagai pemimpin

Menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada anak berkepribadian introvert sangat dimungkinkan untuk dilakukan sejak dini. Hal ini bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti memberikan kesempatan anak untuk berbicara di depan kelas hingga menjadi ketua dalam kelompok belajar kecil.

Dengan demikian, hal tersebut dapat melatih jiwa kepemimpinan anak sejak dini dengan harapan sang anak dapat tumbuh menjadi anak yang berani dan juga percaya diri.

  1. Jangan batasi anak melakukan aktivitas kesukaannya

Memberikan kebebasan bukan berarti tanpa pengawasan. Anda tidak perlu cemas ketika sang anak mulai mempunyai banyak aktivitas yang mereka sukai. Justru dengan cara itulah sang anak dapat mengekspresikan dirinya sebagaimana mestinya.

 


Mau DIKIRIMKAN artikel parenting secara GRATIS langsung ke HP Anda? 


 

Hal ini tentu saja dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak. Sehingga Anda tidak perlu memberikan banyak larangan pada anak untuk melakukan kegiatan yang mereka sukai.

Sehingga dengan memberikan pola asuh yang tepat bagi anak berkepribadian introvert tentu saja tidak akan menutup kemungkinan untuk menjadikan anak tersebut tumbuh menjadi pribadi yang pemberani dan juga percaya diri.