Berbagai Manfaat dan Rekomendasi Mainan untuk Bayi 1 Tahun

Sebenarnya mainan untuk bayi 1 tahun apa yang baik sebagai pelatih dan pembantu perkembangan mereka? Sebelumnya, anda perlu mengetahui beberapa kemampuan anak usia 1 tahun. Anak usia tersebut sudah mampu mengerti apa yang orang lain ucapkan, menirukan tingkah, bisa mengekspresikan perasaan dan rasa ingin tahu yang tinggi. Agar tumbuh kembangnya terbantu, berikut mainan yang sesuai untuk mereka.

  1. Walker
Walker atau mainan yang membantu berjalan cocok sebagai mainan untuk bayi 1 tahun. Karena usia tersebut bayi pun sudah aktif dan mulai belajar berdiri maupun berjalan. Anda bisa memilih yang dilengkapi dengan musik atau suara tertentu. Namun disarankan untuk menghindari walker dengan roda. Karena dikhawatirkan bisa membahayakan.
  1. Huruf, Bentuk, Angka
Mainan dengan bentuk tertentu, huruf, maupun angka bisa mengajarkan anak menggunakan memorinya. Ajak si kecil untuk bermain dan mulai ajarkan mengenai huruf atau angka tersebut. Anda bisa mencoba mencampur permainan angka dan huruf tersebut dengan rumah-rumahan. Sehingga selain melatih memori, fisik anak pun turut aktif.
  1. Mainan Kereta, Mobil-mobilan, atau Boneka
Kereta-keretaan, mobil-mobilan, atau boneka juga sudah cocok sebagai mainan untuk bayi 1 tahun. Karena menarik, rasa ingin tahu mereka pun semakin bertambah. Sebagai orang tua, anda bisa mencoba bermain peran dengan mainan tersebut. Ajarkan berbagai objek, misal pekerjaan atau suara yang dihasilkan benda atau makhluk tertentu.
  1. Bertema Binatang
Mainan bertema binatang umumnya juga menarik untuk anak-anak. Oleh sebab itu, orang tua bisa mengajarkan nama dan suara hewan-hewan. Mainan tersebut bisa melatih memori si kecil. Pastikan pula jenis tersebut aman untuk anak usia 1 tahun. Misal dari bahan yang digunakan, pewarna, bentuk, maupun ukurannya.
  1. Puzzle 3D
Mainan untuk bayi 1 tahun yang sesuai lainnya adalah Puzzle 3D. Hal tersebut karena bisa membantu si kecil mengembangkan akalnya. Misal puzzle yang mengharuskan agar bentuk dan ukurannya sesuai. Jenis ini pun bisa membantu anak untuk lebih mengenal ruang. Biarkan anak mencoba permainan ini sendiri. Sehingga logika mereka pun semakin terasah.
  1. Alat Musik
Berbagai jenis mainan alat musik baik untuk merangsang kepekaan terhadap suara. Selain itu juga mulai membantu anak untuk mengerti nada. Meskipun tidak secara drastis seperti efek pada orang dewasa, tetapi mampu membantu logika mereka. Oleh sebab itu pilihlah mainan musik seperti piano, xylophone dan berbagai jenis yang lainnya. Selain ke-enam jenis di atas, anda bisa juga memberikan anak sejenispuzzle balok. Sehingga bisa membantu perkembangan logika saat mereka menyusunnya. Permainan peran atau rumah-rumahan juga baik untuk merangsang imajinasi. Apabila anda berminat membelinya, hubungi kontak yang tertera baik untuk informasi maupun pemesanan. Karena kami menyediakan mainan untuk bayi 1 tahun yang berkualitas dan tentunya mengedepankan keamanan buah hati.]]>