7 Manfaat Memberikan Pelukan Pada Anak

Memberikan pelukan pada anak merupakan salah satu wujud dari kasih sayang. Selain itu, memberikan pelukan kepada anak juga dapat membuatnya merasa lebih bahagia.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda sering memeluk si buah hati. Sehingga tidak ada salahnya Anda membiasakan untuk memeluk sang anak sejak dini.

Jadi jangan anggap remeh memberikan pelukan kepada anak ya bunda. Simak ulasan berikut untuk mengetahui manfaat pelukan pada anak lebih lanjut.

  1. Dapat menghindarkan stress pada anak

Sering memeluk anak dapat membuat mereka terhindar dari stres dan gangguan psikis lainnya. Pasalnya, ketika Anda memberikan pelukan maka dapat melepaskan senyawa kimia tertentu pada tubuh anak.

Jadi, sering-seringlah memeluk anak Anda untuk meningkatkan produksi hormon endorfin pada tubuh anak yang berfungsi untuk melepas ketegangan dan juga kecemasan. Sehingga, anak yang lebih sering medapatkan pelukan akan jauh terhindar untuk mengalami stres.

  1. Dapat menghentikan tantrum

Aksi tantrum biasanya sering dilakukan anak-anak ketika keinginannya tidak dituruti oleh orangtua. Memberikan pelukan merupakan salah satu cara yang efektif digunakan untuk menghentikan tantrum pada anak.

Anda dapat menggunakan strategi ini untuk menghentikan sang buah hati melakukan aksi tantrum ketika beada di tempat umum. Jadi jangan remehkan kekuatan pelukan ya bunda.

  1. Dapat mengoptimalkan potensi anak

Memberikan pelukan kepada anak dengan penuh cinta dan kehangatan ternyata dapat mengoptimalkan potensi anak. Hal ini terjadi karena adanya pemberian energi positif yang dapat berfungsi untuk menyelesaikan permasalahan hingga berpengaruh pada optimalisasi potensi anak.

  1. Meningkatkan kecerdasan anak

Memeluk anak merupakan sebuah stimulasi yang dapat membuat otak anak menjadi lebih berkembang. Meskipun secara penelitian belum ada yang mengatakan bahwa memeluk anak dapat meningkatkan kecerdasan, akan tetapi dengan memberikan pelukan dapat mengoptimalkan perilaku dan cara kerja anak menjadi lebih positif.

  1. Menciptakan hubungan yang baik antara orangtua dan anak

Bukan sekedar bualan belaka, nyatanya memberikan pelukan pada buah hati dapat menciptakan hubungan yang baik antara orangtua dan anak. Dalam hal ini pelukan dapat menciptakan kehangatan dan juga keharmonisan.

Dengan demikian, secara otomatis hubungan yang baik akan tercipta ketika orangtua memberikan pelukan kepada anak. Selain itu, akan timbul adanya suatu ikatan atau kedekatan antara oangtua dan anak ketika saling memeluk satu sama lain.

  1. Anak menjadi lebih penyayang

Sering mendapatkan kehangatan dan kasih sayang dari sebuah pelukan dapat membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang penyayang. Hal ini terjadi karena adanya energi positif yang timbul dari sebuah pelukan.

  1. Memperkuat imunitas pada tubuh anak

Adanya pelepasan hormon oksitosin pada tubuh anak ketika mendapatkan pelukan ternyata dapat memperkuat sistem imunitas dan kekebalan tubuh pada anak. Hal ini terjadi karena hormon oksitosin dapat bekerja untuk menurunkan kadar hormon tiroid yang berada di dalam plasma.

Jadi tak ada salahnya untuk selalu memeluk anak agar dapat menciptakan kondisi tubuh yang seimbang. Selain itu memberikan pelukan juga dapat menimbulkan rasa kedekatan antara orangtua dan juga anak.

Sehingga Anda tak perlu ragu untuk memberikan pelukan kepada anak setiap hari. Adanya banyak manfaat yang ada tentu saja dapat memberikan efek positif kepada si buah hati.

 


Mau DIKIRIMKAN artikel parenting secara GRATIS langsung ke HP Anda? 


 

Selain itu, anak juga akan merasa lebih dicintai dan juga disayangi. Dengan demikian mulailah untuk menunjukkan kasih sayang mulai dari sebuah pelukan